LAPORAN MGMP IPS - AGUSTUS 2019
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Salah
satu upaya pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan adalah diterapkannya
delapan standar nasional pendidikan, sebagaimana dituangkan dalam Peraturan
Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional
Pendidikan. Kedelapan standar nasional pendidikan tersebut adalah Standar
Isi, Standar Proses, Standar Kompetensi Lulusan,Standar Pendidik dan Tenaga
Kependidikan, Standar Sarana dan Prasarana, Standar Pengelolaan, Standar Pembiayaan
dan Standar Penilaian.
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam diberi tugas dan tanggung jawab membina
dan meningkatkan mutu tenaga kependidikan dalam rangka memenuhi Standar Tenaga
Pendidik dan Kependidikan.Tenaga pendidik adalah anggota masyarakat yang
mengabdikan diri dan diangkat untuk menunjang penyelenggaraan pendidikan.
Tenaga kependidikan bertugas melaksanakan administrasi, pengelolaan,
pengembangan, pengawasan dan pelayanan teknis untuk menunjang proses pendidikan
pada sarana pendidikan. Salah satu tenaga pendidik yang dimaksud adalah guru.
Guru merupakan tenaga penggerak sistem pendidikan, guru berfungsi membantu
terciptanya kesempatan belajar sehinggga memperlancar proses pencapaian tujuan
sistem pendidikan.
Undang-Undang RI Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, mempersyaratkan
guru untuk: (1) memiliki kualifikasi akademik minimum S1/D4, (2) memiliki
kompetensi sebagai agen pembelajaran yaitu pedagogik, kepribadian, sosial, dan
professional, (3) memiliki sertifikat pendidik. Dengan berlakunya undang-undang
ini diharapkan memberikan suatu kesempatan yang tepat bagi guru untuk
meningkatkan profesionalismenya melalui pelatihan, penulisan karya ilmiah,
pertemuan di Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Dengan demikian MGMP memiliki
peran penting dalam mendukung pengembangan profesionalisme guru.
Untuk
mewujudkan peran MGMP dalam pengembangan profesionalisme guru, maka peningkatan
kerja Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) khususnya MGMP di tingkat madrasah
merupakan masalah mendesak untuk dapat direalisasikan. Berbagai upaya
telah dilakukan untuk meningkatkan kinerja MGMP khususnya MGMP madrasah, antara
lain melalui berbagai pelatihan instruktur dan guru inti, peningkatan sarana
dan prasarana dan peningkatan mutu manajemen MGMP. Namun demikian, berbagai
indikator mutu pendidikan belum menunjukkan peningkatan kinerja MGMP yang
berarti.
Musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) MTs Kabupaten
Subang adalah forum guru MTs yang di bentuk oleh setiap madrasah untuk
mengembangkan mata pelajaran kemudian demi tercapainya tujuan pendidikan
sebagaimana diharapkan/tertuang dalam sistem pendidikan nasioanal (sisdiknas).
MGMP dari masing-masing madrasah itu sendiri kemudian disatukan melalui suatu
organisasi MGMP tingkat Kabupaten Subang, hal ini bertujuan untuk menyatukan
dan sebagai wahana pengembangan profesionalisme tenaga pendidik.
B. Dasar Hukum
Dasar
hukum kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) MTs Kabupaten Subang
antara lain:
1.
UUD 1945 dan
perubahannya;
2.
Undang-undang
No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
3.
UU No.14
Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen;
4.
Peraturan
Pemerintah No.19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan;
5. Peraturan Menteri Agama Nomor 32 Tahun 2005 tentang
Rencana Strategis
Departemen Agama Republik
Indonesia;
6.
Peraturan
Menteri Agama Nomor 13 Tahun 2012 tentang Organisasi dan Tata
Kerja Instansi Vertikal
Kementerian Agama;
C. Tujuan MGMP
Tujuan MGMP MTs Kabupaten Subang antara lain:
- Memperluas wawasan dan pengetahuan guru dalam berbagai hal, khususnya
penguasaan substansi materi pembelajaran, penyusunan, memaksimalkan
pemakaian sarana-prasarana belajar, memanfaatkan sumber belajar.
- Memberi kesempatan kepada anggota MGMP untuk berbagi pengalaman serta
saling memberikan bantuan umpan balik.
- Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta mengadopsi pendekatan
pembaharuan dalam pembelajaran yang lebih professional bagi peserta
MGMP.
- Memberdayakan dan membantu anggota MGMP melaksanakan tugas-tugas
pembelajaran di madrasah.
- Mengubah budaya kerja anggota MGMP berkaitan dengan peningkatan
pengetahuan, kompetensi dan kinerja serta mengembangkan profesionalisme
guru melalui kegiatan pengembangan profesionalisme di tingkat MGMP di
madrasah.
- Meningkatkan mutu proses pendidikan dan pembelajaran yang tercermin
dari peningkatan hasil belajar peserta didik.
- Meningkatkan kompetensi guru melalui kegiatan-kegiatan di tingkat MGMP
Kabupaten.
Visi
Meningkatkan Profesionalisme Guru Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Subang
Misi
Meningkatkan Kompetensi Pedagogig, Kompetensi Kepribadian, Kompetensi
Profesional, dan Kompetensi Sosial.
C . Program Strategis
Untuk mendukung visi dan misi MGMP MTs Kabupaten Subang, maka beberapa program
strategis yang menjadi prioritas, sbb.:
- Memotivasi guru untuk bergabung dan aktif dalam setiap kegiatan MGMP
MTs Kabupaten Subang.
- Melaksanakan kegiatan MGMP MTs Kabupaten Subang melalui pola kerja,
metode dan strategi yang lebih baik.
- Melakukan kegiatan-kegiatan yang lebih intensif bagi peningkatkan
kualitas dan profesionalisme guru.
- Melakukan pendekatan terhadap lembaga terkait, untuk lebih
memperhatikan keberadaan MGMP MTs Kabupaten Subang.
- Memberdayakan dan mengembangkan potensi sumber daya guru secara
berkelanjutan dalam mendukung kegiatan-kegiatan MGMP MTs Kabupaten Subang.
- Menjadikan MGMP MTs Kabupaten Subang sebagai pilar utama demi
perkembangan organisasi profesi guru dalam pembinaan profesionalisme guru.
- Menjadikan MGMP MTs Kabupaten Subang sebagai MGMP percontohan di
Kabupaten Subang dalam kegiatan peningkatan profesi guru.
D. Program Inti
Program inti MGMP MTs Kabupaten Subang adalah program-program utama yang
ditujukan untuk meningkatkan kualitas kompetensi dan profesionalisme guru.
1. Program Rutin
:
- Diskusi permasalahan pembelajaran.
- Analisis kurikulum.
- Penyusunan dan pengembangan silabus, program
semester, rencana program pembelajaran
dan sistem evaluasi.
- Pendalaman materi.
- Pelatihan terkait dengan penguasaan materi yang
mendukung tugas mengajar.
- Pembahasan materi dan pemantapan menghadapi Ujian
Nasional dan
Ujian Madrasah
2. Program Pengembangan :
a. Penelitian, diantaranya Penelitian Tindakan Kelas/Studi Kasus.
b. Penulisan Karya Ilmiah.
c. Seminar, lokakarya, kolokium (paparan hasil penelitian), dan diskusi
panel.
d. Pendidikan dan pelatihan berjenjang (diklat berjenjang).
e. Penerbitan jurnal dan buletin MTs Kabupaten Subang.
f. Pembuatan dan pengembangan website MTs Kabupaten Subang.
g. Lesson study (suatu pengkajian praktik pembelajaran yang memiliki
tiga komponen
yaitu plan, do, see yang dalam
pelaksanaannya harus terjadi kolaborasi antara
pakar, guru pelaksana, dan
guru mitra).
3 . Program Penunjang
a. Program penunjang bertujuan untuk menambah pengetahuan
dan keterampilan peserta MGMP MTs Kabupaten Subang dengan materi-materi
yang bersifat pendukung dan pelengkap.
b. Pelatihan Pemanfaatan TIK Untuk Pembelajaran.
c. Pelatihan membuat karya Media Pembelajaran Interaktif
(MPI), misalnya (Ms.Power Point, Adobe Flash, dan lain-lain).
RESUME KEGIATAN
Sejak kepengurusan MGMP IPS tingkat Kabupaten
Subang terbentuk maka telah dilaksanakan berbagai jenis kegiatan yang sifatnya
rutin sesuai dengan jenis program kerja yang telah disusun secara musyawarah
dengan melibatkan semua bidang yang ada dalam kepengurusan MGMP.
Di bawah ini merupakan resume dari semua
pelaksanaan kegiatan MGMP IPS Kabupaten Subang.
Pertemuan Ke-1
Hari/Tanggal :
Rabu/10 Oktober 2018
Tempat Pelaksanaan : MTs Negeri 1 Subang
Agenda dan Hasil Kegiatan :
1.
Pembentukan
dan pengesahan Pengurus MGMP IPS Madrasah Tingkat Kabupaten
2.
Pembentukan
dan pengesahan Pengurus MGMP IPS Madrasah Tingkat KKM
3.
Penyusunan
dan Pengesahan AD/ART MGMP IPS Tahun 2018 – 2020
Pertemuan Ke-2
Hari/Tanggal :
Kamis/15 November 2018
Tempat Pelaksanaan : MTs Negeri 2 Subang
Agenda dan Hasil Kegiatan :
1.
Pembinaan
dan pengarahan dari Kasi Penmad Kemenag Kab. Subang
2.
Penyusunan
Program MGMP IPS Madrasah Tingkat Kabupaten
3.
Persiapan
Seminar Nasional
:
Pertemuan Ke-3
Hari/Tanggal :
Sabtu/1 Desember 2018
Tempat Pelaksanaan : Aula LIPI Kabupaten Subang
Agenda dan Hasil Kegiatan :
BIMTEK Penyusunan Perangkat Pembelajaran Berbasis
Revolusi Industri 4.0 bertemakan : “Era Baru Pendidikan
Modern Berbasis Informasi Teknologi Melalui e_Lerning Management System
Kompetensi Abad 21”
Narasumber atau
pemateri adalah Ketua Umum Forum Guru IPS Seluruh Indonesia yaitu Eni Kuswati, M.Pd
dan pelaksana teknis BIMTEK oleh Prabu Diazz Setiadi
Pertemuan Ke-4
Hari/Tanggal :
Kamis/24 Januari 2019
Tempat Pelaksanaan : MTs Negeri 6 Subang
Agenda dan Hasil Kegiatan :
1. Evaluasi
Pelaksanaan Seminar Nasional
2. Penyusunan Revisi Program
Per BIdang MGMP IPS MTs Kabupaten Subang
3. Revisi AD/ART MGMP
IPS Madrasah Kabupaten Subang
Pertemuan Ke-5
Hari/Tanggal :
Rabu/13 Februari 2019
Tempat Pelaksanaan : MTs Negeri 1 Subang
Agenda dan Hasil Kegiatan :
1. Pembinaan dan
pengarahan dari Kasi Penmad Kemenag Kab. Subang
2.
Pembahasan
materi Model Pembelajaran Contextual Teaching And And Learning
3.
Penyusunan
Revisi Program Per BIdang MGMP IPS MTs Kabupaten Subang
4.
Revisi
AD/ART MGMP IPS Madrasah Kabupaten Subang
Pertemuan Ke-7
Hari/Tanggal :
Jum’at/26 April 2019
Tempat Pelaksanaan : MTs Negeri 3 Subang
Agenda dan Hasil Kegiatan :
1.
Sosialisasi
Pelatihan Penyusunan Soal HOTS
2. Evaluasi Program
Penyusunan Modul
PENUTUP
Peningkatan mutu pendidikan akan berjalan dengan baik apabila berbagai
upaya dilakukan termasuk bagaimana memberdayakan potensi guru melalui kegiatan
MGMP. Melalui kegiatan MGMP-MTs Kabupaten Subang diharapkan guru dapat
meningkatkan profesionalitasnya sebagai tenaga pendidik. Untuk itu pembuatan
program kerja MGMP-MTs Kabupaten Subang mutlak diperlukan dimulai dari
perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.
Pembuatan program kerja ini diharapkan dapat dijadikan pedoman dan acuan
dalam pelaksanaan MGMP-MTs Kabupaten Subang. Disamping itu keberhasilan
kegiatan MGMP-MTs Kabupaten Subang perlu dukungan dari semua pihak.
Atas bantuan dan kerja sama dari berbagai pihak dan terselesaikannya
pembuatan program kerja MGMP-MTs Kabupaten Subang kami mengucapkan banyak
terima kasih. Masukan dan kritikan sangat kami butuhkan demi perbaikan
pembuatan program kerja berikutnya
Komentar
Posting Komentar